Sebaiknya pilih Aki kering Atau Aki Basah? Simak Ini keunggulan dan Kelemahannya!

5 comments

 


Dalam dunia otomotif, pasti tidak asing mendengar salah satu komponen dari sebuah kendaraan yaitu aki. Sebelum membahas lebih lanjut tentang aki, kita perlu pahami dulu apa itu aki? Aki merupakan alat yang digunakan untuk menyimpan energi listrik dengan bentuk energi kimia. Aki ini sangat penting untuk sebuah kendaraan, karena tanpa aki kendaraan tidak akan dapat dijalankan, baik itu motor ataupun mobil. Oleh karena itu, aki sangat krusial tak heran jika yang jual aki terdekat banyak ditemukan di pinggir jalan besar maupun kecil.

Pada umumnya, aki ini terdapat dua jenis yaitu Aki kering dan aki basah. Tentu kalian sudah tidak asing lagi dengan kedua jenis aki ini. Pertama apa yang dimaksud aki kering? Aki kering merupakan jenis aki yang tidak membutuhkan cairan elektrolit untuk bekerja. Jenis aki ini menggunakan gel elektrolit yang terkandung dalam sperator, sehingga tidak membutuhkan isi ulang air elektrolit secara berkala.

Tentunya setiap alat memiliki kelebihan dan kekurangannya, tak terkecuali dengan aki kering. Berikut ini, beberapa kelebihan dari Aki kering :

1. Dalam perawatan aki kering lebih mudah dirawat, hal ini dikarenakan aki tidak membutuhkan pengisian air elektrolit secara berkala.

2. Selanjutnya, keutamaan dari aki kering yaitu dibuat dari bahan yang cairan elektrolitnya terdapat kandungan timah kalsium, sehingga menyebabkan tidak mudah tumpah dan menguap.

3.   Selain dua hal di atas, pemasangan aki ini juga cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu lama.

Selai itu aki kering juga memiliki kekurangannya sebagai berikut :

1.  Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki aki kering, tentu alat ini dijual dengan harga terbilang lebih mahal dibandingkan aki basah.

2.  Jika menggunakan aki kering pada kendaraan bermotor anda, para pengguna harus siap dan rajin memanaskan kendaraan anda lebih dahulu sebelum dipakai beraktivitas.

3.  Selanjutnya dikarenakan aki kering tidak bisa diisi ulang, jadi harus diganti dengan aki baru. Masa penggunaannya terbilang cukup singkat hanya bekisar 2 tahun saja.

Setelah membahas kelebihan dan kekurangan aki kering, mari kita bahas apa itu aki basah? Aki basah merupakan aki yang memakai cairan elektrolit sebagai penghasil energi listrik yang diperlukan kendaraan. Jenis aki ini dikenal dengan aki konvensional. Berikut ini beberapa kelebihan dari aki basah :

1.   Dari segi biaya aki basah cenderung lebih murah dibandingkan aki kering. Selain itu, jika mengalami kerusakan aki basah lebih mudah diperbaiki.

2.  Dalam ketersediannya aki basah cenderung mudah didapatkan, dan tidak sulit untuk menemukan tipe aki basah yang sesuai dengan kendaraannya.

3. Dalam segi masa pemakaian aki basah cenderung dapat lebih lama digunakan, dengan cara rutin mengganti air aki.

Selain itu adapun kekurangan dari aki basah ini sebagai berikut :

1.    Membutuhkan perawatan rutin dan rajin mengontrol kondisi aki.

2.    Selanjutnya aki basah terdapat resiko  cairan elektrolit tumpah.

3.    Adapun aki basah lebih tidak tahan pada guncangan maupun getaran dibandingkan aki kering.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing aki. Pengguna kendaraan bermotor harus mengetahu hal dasar ini, dikarenakan untuk mengurangi resiko terjadinya kendala pada kendaraan ketika di jalan. Oleh karena itu, banyak pengusaha yang jual aki terdekat di wilayah daerah.

Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

5 komentar

thanks, karna artikel ini saya jd ga bingung mau pilih yang mana

Kalau saya sih lebih milih aki kering ya

sekarang mencoba lebih bijak lagi dalam menentukan aki yang mana harus digunakan

ya betul sekali, karna aki menjadi hal krusial yang mesti harus diperhatikan

setiap produk memang ada lebih dan kurangnya ya

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.